Bantuan Modern Diri Klasik

Self help atau literatur motivasi cenderung mengangkat cermin bagi masyarakat yang menciptakannya. Kesegaran dan industri Victorian memberi kita kemandirian yang kuat dari klasik Samuel Smiles, Self-Help. Usia Depresi membuat kita menjadi arketipe Amerika dari salesman yang mengembara, membuat upaya tulus untuk mengenal dan memahami orang lain ( Cara Menangkan Teman dan Mempengaruhi Orang oleh Dale Carnegie). Optimisme yang dihidupkan kembali, Amerika pasca-perang menghasilkan optimisme, motivasi klasik seperti Keajaiban Berpikir Besar , di mana kekuatan pemikiran positif secara sempurna melengkapi takdir Amerika dari hegemoni global yang baik hati.

Pada 1980-an, tujuan besar dan perubahan instan adalah urutan hari itu. Ini mungkin dekade di mana pembinaan kehidupan menjadi mainstream dan tokoh-tokoh seperti Anthony Robbins muncul sebagai superstar motivasi. Genre terus berkembang selama dua puluh tahun ke depan. Ledakan sastra bantuan diri kreatif di sekitar akhir abad ini melihat perbedaan mencolok antara karya yang lebih terfokus secara profesional dan yang merayakan akumulasi kekayaan yang cepat. Sekarang setelah gelembung kredit dan properti meletus, apakah ada literatur bantuan diri baru yang muncul yang sesuai dengan masa-masa sulit ini? Ulasan singkat dari karya-karya terbaru menunjukkan bahwa kami telah menemukan model baru.

Tema dominan pertama adalah pembebasan kreatif. Bahkan selama kemakmuran dan kenaikan harga properti dari tahun-tahun boom, orang-orang merasa bahwa materialisme tidak memuaskan dan sampai pada kesimpulan bahwa komoditas mereka yang paling berharga bukanlah uang, tetapi waktu berkualitas. Wawasan ini mencapai apotek logisnya di Pekan Kerja Empat Jam , oleh Tim Ferriss, yang mengadopsi pendekatan revolusioner untuk uji coba kehidupan kerja modern – menumbangkannya dari dalam. Ferriss percaya bahwa mobilitas pribadi dan kebebasan aktualisasi diri adalah tujuan yang disukai untuk perbudakan upah perusahaan. Pekerja, menurutnya, tidak perlu meninggalkan pekerjaan mereka yang berharga, melainkan menciptakan aliran pemasukan yang dapat dialihdayakan dan diotomatiskan, memungkinkan mereka memeras "retensi-mini" selama tahun-tahun awal mereka. Buku ini menyentuh akord dengan Generasi Y yang diproduksi secara teknologi dan kosmopolitan (belum lagi lebih dari beberapa pejuang jalan generasi pertengahan X yang tidak puas).

Tema kebebasan kreatif telah diperkuat dan diperluas oleh penulis lain seperti John Williams, yang luar biasa berjudul Pekerjaan Sekrup, Ayo Bermain mengambil gergaji lama versus pekerjaan dan mendesak pembaca untuk mengikuti muse mereka. Sebagai perusahaan yang tercerahkan seperti Google dengan sengaja menghilangkan hambatan antara pekerjaan resmi dan proyek sampingan yang kreatif, penggabungan kerja dan permainan ini bisa menjadi mainstream.

Tema dominan kedua dari kerja bantuan diri baru-baru ini adalah fokus baru pada kesederhanaan. Hal ini sebagian merupakan respon yang diperlukan untuk kesulitan zaman penghematan tetapi juga kesadaran bahwa kekacauan mewah dari masa boom melemahkan waktu dan tenaga semua orang untuk sedikit hadiah. Teknologi informasi adalah pedang bermata dua dalam hal ini; itu telah menjamur tugas dan data dan menelurkan berbagai pilihan yang mustahil. Tema resonansi adalah bahwa kekuatan pemrosesan komputer harus dimanfaatkan untuk kebaikan. Teknologi, yang terbaik, harus memperjelas dan memungkinkan sasaran yang layak.

Salah satu permata dari era orde baru dan hidup minimalis ini Kekuatan Kurang oleh blogger yang dituduh dan pengusaha online Leo Babauta. Berbeda dengan meme kultur utama tentang akuisisi dan kecepatan tanpa henti, gelisah, Babauta mendorong kita untuk fokus pada apa yang benar-benar kita hargai. Hanya dengan menetapkan batasan-batasan yang ditentukan untuk aktivitas-aktivitas kita, kita dapat mengekstraksi nilai yang jauh dari kehidupan dan mencapai lebih dari yang pernah kita impikan. Seni "hidup haiku" memaksa kejelasan melalui fokus yang ketat pada yang esensial. De-cluttering tidak hanya imperatif 5S-style, tetapi pendekatan holistik yang dapat diterapkan sama dengan komitmen dan energi yang menguras tenaga. Melalui makan dan mengemudi lebih lambat, kita bisa lepas dari pressure cooker dari budaya umum.

Jadi, karya sastra motivasi yang baru ini menawarkan perubahan abad ke-21 yang jelas pada tantangan lama dalam hidup "kehidupan baik" Aristotelian. Melalui seni baru pemenuhan kreatif, desain ulang gaya hidup dan hidup minimalis, penulis menyediakan solusi yang sesuai untuk masa-masa sulit ini. Para penulis ini menawarkan janji kekebalan untuk kehidupan yang lebih memuaskan dan seimbang dalam lanskap yang berubah dari dunia pasca-resesi.

(c) 2010 Andrew Golderslee. Seluruh hak cipta.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *