Perselingkuhan Kreatif Diperkenalkan

Jadi, apa itu Perselingkuhan Kreatif?

Topik populer hari ini, perselingkuhan; dan tidak, saya tidak akan memberi Anda '50 Cara Kreatif untuk Meninggalkan Pasangan Anda '. Apa yang saya maksudkan di sini adalah sebuah dinamika yang didasarkan pada ceruk baru dalam psikologi yang disebut sebagai memetika, sebagaimana dipopulerkan dalam buku Richard Brodie, Virus of the Mind. Dia mendefinisikan 'meme' sebagai ide, atau unit informasi, dalam pikiran seseorang yang mereplika dirinya sendiri, atau menyebar ke pikiran lain secara viral. Mereka adalah representasi internal pengetahuan, atau pandangan tentang bagaimana kita melihat dunia, yang menghasilkan efek luar pada dunia.

Dalam budaya apa pun, baik itu nasional, etnis atau korporasi, ada tarian bertahan hidup yang kuat antara kekuatan tradisi dan perubahan. Tradisi mencontohkan stabilitas dan karena itu meminta kesetiaan, atau kesetiaan, pada cara-cara yang mendalami sejarah atau pengalaman masa lalu dari lingkungan itu. Ritual, praktik, dan proses yang dipahatkan melalui 'cara yang benar dilakukan', kebiasaan atau apa yang disebut 'praktik terbaik' memungkinkan identitas kelompok itu untuk diabadikan dan diakui oleh praktisi dan orang luar sama. Pembawa obor, pembawa kartu, dan konsistensi merek adalah semua istilah yang terkait dengan 'meme' yang mengalahkan genderang milik dan menjaga agar tetap menyala.

Sementara itu, kita semua dibombardir dengan pengingat bahwa perubahan adalah paradigma baru dan hanya mereka yang dapat mengikuti dengan – atau bahkan lebih baik – menjadi agen perubahan, akan bertahan. Meme baru dari keharusan mendesak untuk merangkul, membina, dan bahkan memperjuangkan perubahan mengharuskan kita terlibat dalam 'perselingkuhan kreatif'. Kita harus menantang norma-norma lama dan cara-cara "bisnis seperti biasa" sebelumnya. Kita harus menjadi tidak setia dan bercerai dari kebiasaan lama yang nyaman yang mungkin telah melayani kita dengan baik di masa lalu dan kita harus datang dengan cara-cara baru untuk mengabadikan silsilah budaya atau perusahaan kita. Ini membutuhkan ide-ide baru, merayu bakat dan nilai yang belum dimanfaatkan dari sumber daya yang ada, membuat koneksi baru atas nama kemajuan dan melibatkan semua pihak yang terlibat untuk mengikuti cara-cara baru untuk melakukan. Dan kami menganggap itu adalah kemajuan.

Apa yang mempesona saya dalam keseluruhan proses adalah kekuatan meme itu; konsep sarat-makna-sarat-suara yang melayani tujuan ganda. Dalam fisika sekarang dikatakan bahwa energi adalah partikel dan gelombang pada waktu tertentu, tetapi tidak keduanya sekaligus. Saya merasa bahwa meme itu serupa. Berdasarkan beberapa peristiwa atau proklamasi belaka, pada satu titik waktu muncul meme yang memunculkan klaim dalam lanskap budaya yang menyatakan kedatangan dan keberadaannya. "Aku di sini! Sekarang giliranku! Lihat aku! Aku baru!" Dan, kita yang memiliki rentang perhatian pendek berleher putar memutar kepala kita secara otomatis dan bersama-sama melompat ke kereta musik. Ini sekarang difasilitasi oleh jaringan media tradisional dan sosial yang menyebarkan meme secara global dengan kecepatan kilat, baik atau buruk. Banyak meme muncul, tetapi mereka juga bisa ditanam dengan sengaja dan mendapatkan momentum dengan perselingkuhan kreatif. Semua atas nama kemajuan.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *